Aksi Nyata Atasi Berita Hoax

Aksi Nyata Atasi Berita Hoax

BeritaJakartaPP IPM
225 views
Tidak ada komentar

Aksi Nyata Atasi Berita Hoax

BeritaJakartaPP IPM
225 views

IPM.OR.ID, JAKARTA – Langkah nyata mengatasi berita bohong atau hoax, Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) gelar diskusi rutin “Dialogue”, pada hari Ahad (8/4) di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta.

PP IPM ambil peran untuk memberikan pemahaman secara tuntas mengenai budaya melek media sebagai langkah para pelajar menghindari berita bohong atau hoax. Bertemakan Perangi Hoax dengan Melek Media, PP IPM menghadirkan Nikmatus Sholikah, wartawan TV One yang juga Alumni IPM Jawa Timur. Kegiatan ini hadiri oleh kader IPM se Jabodetabek.

Nikmatus, menyampaikan dalam materinya bahwa dalam menyikapi berita hoax, ada cara-cara untuk melawan berita bohong itu.

“Cara untuk melawan hoax yakni baca dengan teliti, klarifikasi kebenarannya, verifikasi dengan membandingkan berita sama dengan sumber berbeda, jangan langsung terima atau sebar ulang, rutinlah membaca berita dari media yang terpecaya.”, tangkasnya.

Tambahnya, saatnya untuk kita semua untuk mengaplikasikan cara tersebut untuk menghindari berita hoax.

“Mari sama-sama menghindari berita bohong atau hoax dengan cara-cara tersebut dan mulailah kita untuk cerdas bermedia.”, tutupnya.

Ketua Umum PP IPM Velandani Prakoso mengatakan dalam sambutannya,  bahwa saat ini IPM harus istiqomah untuk melek media.

“Era teknologi saat ini sangat kuat membawa dampak yang sangat tinggi kepada masyarakat khususnya pelajar, membuat IPM harus tetap istiqomah sebagai gerakan ilmu untuk mengkaji bersama seperti diskusi saat ini agar bagaimana cara kita untuk melek media.“ tuturnya.

PP IPM kedepannya, lanjut Andan, berharap pelajar di Indonesia lebih berhati-hati dan memperhatikan sajian informasi khususnya di internet. Supaya tidak tergesa percaya dan gegabah dalam menyimpulkan informasi yang muncul secara cepat. *(And)

Lapak Baca, Aksi Nyata Gerakan Literasi
IPM Jogja Gandeng MPR RI Adakan Sosialisasi 4 Pilar untuk Pelajar
Mungkin anda suka:
Advertisement

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.