Lebih Dekat dengan Nashir Efendi, Ketua Umum Terpilih Periode 2020-2022

Lebih Dekat dengan Nashir Efendi, Ketua Umum Terpilih Periode 2020-2022

Berita
764 views
Tidak ada komentar
Nashir Efendi

Lebih Dekat dengan Nashir Efendi, Ketua Umum Terpilih Periode 2020-2022

Berita
764 views
Nashir Efendi
Nashir Efendi

IPM.OR.ID., Pria bernama lengkap Nashir Efendi ini merupakan sosok Ketua Umum Terpilih Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) periode 2020-2022. Pria yang akrab disapa Cak Nashir ini lahir di Lamongan pada 9 November 1997. Ia merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara. Meskipun lahir di Lamongan, Nashir besar dan tinggal di Kabupaten Gresik. Kini ia telah menyelesaikan studinya di Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Brawijaya dan akan diwisuda akhir tahun ini dan sedang magang di Public Service Announcement Convey Indonesia bagian Content Researcher.

nashir

Nashir telah berkecimpung di perkaderan IPM sejak tahun 2014. Saat itu ia menjabat sebagai Ketua Bidang Kajian Dakwah Islam (KDI) PR IPM SMAM 1 Gresik periode 2014 – 2015, Ketua Bidang Perkaderan PD IPM Gresik periode 2014 – 2016, Anggota Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP) PW IPM Jawa Timur periode 2016 – 2018, Ketua Bidang Perkaderan PW IPM Jawa Timur Tahun 2018 – 2020, dan Ketua Divisi Riset Lapsi PP IPM Tahun 2019 – Sekarang. Selain itu, Nashir juga berperan sebagai Anggota Tim Materi Muktamar XXII. 

nashir efendi

Tak hanya sibuk di organisasi perkaderan IPM saja, Nashir juga turut aktif di pelbagai organisasi Non-IPM, yakni Staf Litbang LPM Perspektif FISIP UB Tahun 2016 – 2017, Staf Kementerian Kebijakan Wilayah & Nasional EM UB Tahun 2016 – 2017, Pusat Studi Gerakan dan Kepemimpinan EM UB Tahun 2016 – 2017, Satuan Pengawas Internal EM UB Tahun 2018 – 2019, Staf Litbang Pusat Studi Pesantren dan Pemberdayaan Masyarakat UB Tahun 2018 – 2020, dan Anggota Departemen Filsafat Etika dan Politik Lingkar Studi Filsafat Discourse Tahun 2020 – Sekarang. 

nashir efendi menulis

Selain aktif berorganisasi, Nashir yang memiliki hobi membaca dan menulis ini kerap mengikuti dan memenangkan berbagai perlombaan menulis, beberapa di antaranya Bronze Medal Call for Paper Muhammadiyah Education Award East Java Tahun 2015, Juara 2 Scarce (Social Article Competition) UM Tahun 2017, Presenter Call for Paper Sains Festival Pra Muktamar IPM Tahun 2018, Bronze Medal International Invention and Innovative Competition Malaysia Tahun 2019, Juara Harapan 1 Lomba Menulis Opini Singkat Strategi dan Upaya Penanganan Tahun 2020 Pandemi Covid-19 Ditjen Dikti, Juara 2 Lomba Cerita Pelajar Nasional: Kontribusi Pelajar Melawan Pandemi Tahun 2020 PP IPM.

nashir efendi

nashir

Pada Muktamar Luar Biasa, Nashir menduduki peringkat pertama dengan jumlah 631 suara. Keberhasilannya memperoleh jabatan Ketua Umum Terpilih kali ini tidak hanya kebetulan saja, melainkan ini berkat semangat dan kegigihannya dalam mencapai tujuan. “Tak ada yang menginginkan kemunduran, selalu berusaha untuk selangkah lebih maju dan lebih baik ke depan. Ada tugas yang harus terealisasi, ada janji yang harus dipenuhi, ada niat yang harus diperbaharui dan ada doa yang tak putus mengiringi,” ungkap Nashir yang dikutip dari takarir instagram-nya @nashirefendi

nashir-hilal

Kegigihannya itu terlihat dari bagaimana ia menuliskan takarir di instagramnya. Pada salah satu postingannya, Nashir menuangkan pemikirannya jika ia pernah berpikir untuk mengakhiri jalan yang telah dilaluinya, namun ternyata apa yang dipikirkannya itu sebuah kesalahan. Risiko yang dihadapi serta perjuangan yang dilakukan adalah suatu kewajaran. “Bukankah seseorang belum pernah dikatakan berjuang ketika ia belum pernah berkorban?” cuitnya lagi.

nashir efendi

Selain banyak menulis lewat takarir di instagramnya, Nashir juga kerap menulis dengan pelbagai topik di laman mediumnya tawazun.medium.com. Terakhir, kata-kata yang menjadi andalannya adalah “be my partners and let’s make a next big things(*inas)

Tags: , , ,
Yuk! Mengenal Hilal Lebih Jauh, Sekretaris Jenderal Terpilih Periode 2020-2022
Lewat Tagline Peduli Sesama, SMP Muhammadiyah 2 Denpasar Bagikan Nasi Bungkus
Mungkin anda suka:
Advertisement

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.