KONSOLNAS Bidang Perkaderan: Siap Hadapi Fortasi hingga Perubahan Paradigma

KONSOLNAS Bidang Perkaderan: Siap Hadapi Fortasi hingga Perubahan Paradigma

Berita
81 views
Tidak ada komentar

[adinserter block=”1″]

KONSOLNAS Bidang Perkaderan: Siap Hadapi Fortasi hingga Perubahan Paradigma

Berita
81 views

IPM.OR.ID., Bidang Perkaderan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) mengadakan Rapat Konsolidasi Nasional pertama yang dihadiri oleh 300 kader IPM mulai dari jenjang Pimpinan Ranting (PR) hingga Pimpinan Wilayah (PW).

Kegiatan yang diselenggarakan pada Jum’at (10/05/24) ini membahas tentang banyak hal, mulai dari arah gerak Bidang Perkaderan PP IPM, Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) 2024, Call of Paper Paradigma IPM, dan diakhiri dengan forum diskusi perkaderan.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Ketua Umum PP IPM Riandy Prawita yang menyampaikan harapannya terkait dengan pelaksanaan FORTASI 2024 dan imbauan agar kita senantiasa bersemangat menghadapi segala perubahan dan percepatan yang terjadi. 

“FORTASI adalah gerbang awal bagi seorang pelajar untuk mengenal IPM, sehingga kita harus memberikan first impression yang terbaik karena hal ini akan dikenangnya hingga kapanpun,” ujar Riandy. 

Pembicaraan soal arah gerak Bidang Perkaderan PP IPM pada kesempatan kali ini berfokus pada penginformasian pelaksanaan beberapa kegiatan perkaderan itu sendiri, seperti Taruna Melati Utama (TMU), perubahan paradigma Standar Perkaderan IPM (SPI), digitalisasi perkaderan, dan survey perkaderan.

Melalui pertemuan yang dilaksanakan via Zoom Meeting ini disampaikan, bahwasannya TMU batch 2 akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2024, sedangkan untuk TMU batch 3 akan dilaksanakan pasca Tanwir 2025. 

Diinformasikan pula terkait dengan pelaksanaan FORTASI 2024 yang akan mengusung tema “Be Creative and Impactful”, di dalamnya terdapat 4 kampanye, yakni Kampanye #BerkembangdanTumbuhBersama untuk kesetaraan pelajar, Kampanye #Edupreneurship untuk pelajar berwirausaha, Kampanye #EcoGeneration untuk lingkungan, dan Kampanye #HappyTanpaBully untuk anti perundungan. 

Dalam rangka pengembangan paradigma IPM, Bidang Perkaderan PP IPM sedang melakukan proses pengkajian ulang dengan mengadakan Call of Paper Paradigma IPM yang menjadi wadah untuk kader IPM di seluruh Indonesia untuk menyampaikan saran dan idenya untuk pengembangan paradigma IPM ke depannya.

Call of Paper Paradigma IPM ini bersifat bersifat bottom-up, artinya ide yang diberikan harus memuat 10 tema gambaran Paradigma IPM yang telah dikaji oleh Bidang Perkaderan PP IPM sebelumnya. 

10 tema tersebut antara lain Wacana Islam Holistik, Pragmatisme dalam Islam, Teologi Al-Insyirah, Paradigma Kepemimpinan, Theory of Change, Borderless Society, Periode Gen-Z, mengkader Gen-Alpha, Maqashid Syariah, Rancangan Generasi Emas oleh Bappenas, dan Capacity Development untuk Fasilitator.

Keterangan lebih lanjut terkait dengan FORTASI 2024 dan Call of Paper Paradigma akan dimuat dalam juknis khusus. *(Lia/Lisa)

Peran Strategis Pelajar dalam Penanganan Isu Kesehatan Nasional
Bawa Konsep Dakwah Digital, IPM Boyolali Resmi Dikukuhkan
Mungkin anda suka:
Advertisement

[adinserter name=”Block 2″]

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.