Kelas Media 101 #4 : Kupas Tuntas Teknik Kepenulisan

Kelas Media 101 #4 : Kupas Tuntas Teknik Kepenulisan

BeritaKopdar Media
97 views
Tidak ada komentar
Kelas Media 101 #4

Kelas Media 101 #4 : Kupas Tuntas Teknik Kepenulisan

BeritaKopdar Media
97 views
Kelas Media 101 #4
Kelas Media 101 #4

IPM.OR.ID. – Lembaga Media dan Komunikasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) menggelar Kelas Media 101 #4 via telekonferensi zoom meeting pada Sabtu (9/4/2022). 

Adapun Kelas Media ini diselenggarakan dalam rangka Road To Kopi Darat Media Nasional (KOPDARNAS). Diikuti oleh kurang lebih 50 kader IPM se-Indonesia. Pada Kelas kali ini mengusung tema Creative Journalism dan Karya Tulis ala Pelajar.

Pada Kelas Media kali ini, Viradyah Lulut Santosa selaku Redaktur Pelaksana Lembaga Media dan Komunikasi PP IPM menjadi pemantik pada kelas ini. Dengan didampingi oleh Maheswari Ayu Pratiwi sebagai moderator.

Mengawali Kelas Media 101 #4, Vira mengulas pembahasan pada kelas ini, seperti apa itu berita, opini, search engine optimization (SEO), dan bagaimana caranya supaya tulisan kita dapat dimuat oleh media. 

Vira menjelaskan bahwa berita itu berupa sebuah laporan, rangkaian peristiwa, data, fakta, hingga analis, bahkan bisa juga pilihan akar dan lain-lain. Berita terbagi menjadi tiga jenis, yaitu berita formal (Straight News), berita semi formal (Features), berita mendalam (Indepth News) berita ini biasanya membahas suatu peristiwa atau kejadian dari perspektif tertentu. Dan dalam menulis berita itu ada tiga aspek yang perlu kita perhatikan.

“Pertama, berita menarik dan penting. Kedua, berita menarik dan tidak penting. Ketiga. berita penting tapi tidak menarik,” ujar Vira, dilansir dari kanal YouTube PP IPM.

Ia juga membagikan beberapa kerangka sebuah beruta dan teknik wawancara dalam proses peliputan berita. Diantaranya adalah, menguasai materi, mengenal narasumber, check and re-check, dan yang terakhir kreatif.

Selanjutnya Vira juga menjelaskan bahwa opini merupakan pengungkapan ide atau pendapat seseorang tentang sesuatu hal yang faktual di media massa untuk meyakinkan, mendidik, dan menawarkan suatu solusi. Sedangkan ciri-ciri opini yang baik agar media dapat memuat sebuah opini harus terdapat sebuah tema, bahasa, data penunjang, sumber, judul, dan selingkung. 

Penghujung kelas pemantik mengkupas mengapa tulisan (Berita atau Opini) tidak dimuat oleh media dan memberikan beberapa media tempat kita belajar menulis. (San)

 

`

 

Gelar Pelantikan dan Rakerwil, IPM Aceh Usung Tagline Pelajar Hebat
Hebat! Pelajar Mu’allimin-Mu’allimaat Jogja Berbagi Takjil di Kawasan Simpang Lima Sruweng
Mungkin anda suka:
Advertisement

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.