Road To Kopdarnas! Kelas Media 101 #2 Bongkar Rahasia Desain

Road To Kopdarnas! Kelas Media 101 #2 Bongkar Rahasia Desain

BeritaKopdar MediaPP IPM
82 views
Tidak ada komentar

Road To Kopdarnas! Kelas Media 101 #2 Bongkar Rahasia Desain

BeritaKopdar MediaPP IPM
82 views

IPM.OR.ID., YOGYAKARTARoad To Kopdarnas Lembaga Media dan Komunikasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) menggelar Kelas Media 101 #2 pada Sabtu (5/03/2022) via teleconference zoom meeting. Kelas media ini digelar dalam rangka Road To Kopi Darat Media Nasional (KOPDARNAS). Pada Kelas media 101 #2 kali ini mengusung tema Desain Kreatif Ala Pelajar di Era Digital dan diikuti oleh lebih dari 200 kader IPM se-Indonesia.

Pada kelas media 101 #2 ini Desainer Grafis Lembaga Media dan Komunikasi PP IPM langsung yang mengisi pada kelas ini, Bimo Putro hadir sebagai pemateri dengan didampingi Balma Bahira sebagai moderator. Kelas media ini diawali dengan orientasi tenting pengertian dasar desain grafis.

Desain grafis secara garis besar kalau kita search di google adalah “Desain grafis merupakan salah satu bentuk seni lukis untuk menciptakan atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, dan garis di atas suatu media”

Poinnya adalah desain grafis itu bagaimana cara kita menyampaikan pesan atau hal yang ingin kita komunikasikan dalam bentuk visual untuk memudahkan dan memaksimalkan audiens menerimanya. “Jadi bedanya desain grafis kemudian dengan bentuk komunikasi biasa itu seperti apa? desain grafis itu kita bermain dengan warna, kemudian kita bermain dengan bentuk dan lain sebagainya,” jelas Bimo

Desain grafis itu luas banget jangkauannya, kalau dipecah kira-kira seperti ini:
– Drafter (Membuat rancangan bangunan)
– Editor (Membuat desain yang dibutuhkan dalam publikasi dan pemasaran)
– Layouter (Membuat tatanan letak pada koran, majalah, ataupun media cetak lainnya)
– Art Director (Membuat karya seni berupa visual effect ataupun dekorasi, banyak ditemui pada dunia perfilman)
– Fotografer (Untuk keperluan pengeditan foto)

Elemen dan Prinsip Desain Grafis

Jadi kalau dalam desain grafis itu, kalau kita breakdown. Temen-temen desain banner, desain undangan, desain feed instagram itu pasti akan bertemu dengan tujuh komponen elemen ini, ada garis, bentuk, tipografi, tekstur, ruang, ukuran, dan warna.

Adapun prinsip dalam desain grafis itu ada balance (keseimbangan), unity (kesatuan), alignment (perataan), repetition (pengulangan), contrast (kontras), dan white space (ruang kosong).

Dalam kelas media 101 #2 ini juga dijelaskan bagaimana alur kerja pembuatan desain yang lebih matang. Seperti membuat brief desain, penggunaan tools kalender konten dan order book.

Pada menit-menit akhir dalam kelas ini, Bimo memberikan beberapa situs untuk memudahkan kita mengulik desain lebih dalam lagi. Seperti situs color pallet dan inspirasi font. (*Hasan)

Perkaderan untuk Semua!
Bunga Raup Omzet Puluhan Juta Setiap Bulan Meski Baru Lulus Sekolah
Mungkin anda suka:
Advertisement

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.