Gandeng Majalah Kuntum, Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Giatkan Pelatihan Jurnalistik

Gandeng Majalah Kuntum, Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Giatkan Pelatihan Jurnalistik

JakartaPP IPM
599 views
Tidak ada komentar
Gandeng Majalah Kuntum, Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Giatkan Pelatihan Jurnalistik

[adinserter block=”1″]

Gandeng Majalah Kuntum, Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Giatkan Pelatihan Jurnalistik

JakartaPP IPM
599 views
Gandeng Majalah Kuntum, Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Giatkan Pelatihan Jurnalistik
Gandeng Majalah Kuntum, Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Giatkan Pelatihan Jurnalistik

IPM.OR.ID., Jakarta – Gerakan inovasi sekolah yang didorong oleh jurnalis sekolah dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan prestasi siswa. Dalam waktu dekat ini, program Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal Pimpinan Pusat (Dikdasmen PNF PP) Muhammadiyah akan menyelenggarakan program Pelatihan Jurnalistik ke-2 dengan sasaran siswa dari Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA Muhammadiyah yang berkolaborasi dengan Media Indonesia, Majalah Suara Muhammadiyah dan Majalah Kuntum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

Lebih lanjut, Didik Suhardi selaku Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah sangat mendukung program ini. Beliau berharap semoga kegiatan ini terus berkelanjutan untuk peningkatan kompetensi siswa di bidang literasi budaya menulis dan membaca di kalangkan pelajar Muhammadiyah.

“Semoga dalam kegiatan nanti bisa terlaksana dengan baik dan terus menciptakan generasi jurnalis-jurnalis muda Muhammadiyah yang hebat dan kreatif, “ ucapnya .

Senada dengan H.R. Alpha Amirrachman selaku Wakil Ketua VI Majelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah. Beliau mengatakan kegiatan ini sebelumnya telah sukses di angkatan pertama di tahun 2022 dengan peserta yang melebihi target.

“Alhamdulillah, Pelatihan Jurnalistik untuk siswa Muhammadiyah bisa diadakan lagi. Sebelum ini, sukses di angkatan pertama tahun 2022 dengan peserta melebihi target dan insya allah angkatan ke-2 di tahun 2023 akan lebih semangat lagi. Ayo adik-adik pelajar Muhammadiyah! Ikuti dengan penuh semangat,” ujar Alpha dengan penuh semangat.

Hendra Apriyadi selaku Anggota Pimpinan Majelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah dan sekaligus penanggung jawab pelaksanaan program berharap kegiatan ini dapat membentuk siswa yang berkarakter, khususnya di bidang media jurnalis Sekolah Muhammadiyah.

Dari gerakan ini akan di pandu langsung oleh para jurnalis professional dan ada pendampingan langsung oleh guru serta orang tua. Melalui Pelatihan Jurnalistik ini akan mampu memacu prestasi sekolah yang berada di daerah khususnya untuk sekolah Muhammadiyah, walaupun pesertanya di batasi dalam rangka untuk efektifitas pelatihan .

Setiap Jenjang akan di buatkan kelas seperti Kelas Reporter Cilik untuk jenjang siswa SD/MI Muhammadiyah, Kelas Reporter Cilik jenjang siswa SMP/MTs Muhammadiyah, dan Kelas Reporter Muda jenjang siswa SMA/SMK/MA Muhammadiyah yang masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Sedangkan untuk kelas Pendidikan Non Formal di sesuaikan jenjangnya.

Gandeng Majalah Kuntum, Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Giatkan Pelatihan Jurnalistik

Bagi teman-teman pelajar yang ingin mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik, simak persyaratannya berikut ini:

  • Peserta adalah siswa siswi Muhammadiyah;
  • Kelas Reporter Cilik terbagi menjadi Kelas untuk siswa SD/MI kelas 4 sampai dengan 6, dan Kelas untuk siswa SMP/MTs, sedangkan Kelas Reporter Muda yaitu siswa SMA/MA/SMK;
  • KUOTA TERBATAS, setiap kelas hanya menerima 40 peserta;
  • Setiap sekolah madrasah pesantren Muhammadiyah maksimal mengirimkan 2 (dua) orang utusan.
  • Saat pendaftaran, pengarahan dan pelatihan berlangsung Peserta untuk didampingi seorang pendamping (guru/orangtua), dan pendamping akan mendapatkan e-sertifikat;
  • Biaya kegiatan Per Peserta Rp 543.900,- ditransfer ke Bank Mandiri nomor rekening: 117-00-9500920-5 atas nama PT Citra Media Nusa Purnama;
  • Manfaat yang didapatkan peserta antara lain:
    1. Modul pelatihan, narasumber serta mentor professional serta konsultasi pasca pelatihan;
    2. Pelatihan jurnalistik daring dengan zoom dengan materi: Jurnalisme Tulisan, Jurnalisme Visual (foto & video), Menggali Informasi dari Narasumber, Rencana Liputan (menggali topik, ide, narasumber), Jurnalisme Data (khusus untuk Reporter Muda) serta materi dari Suara Muhammadiyah untuk Reporter Muda dan materi dari Kuntum (PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah) utuk Reporter Cilik.
    3. Hadiah menarik saat games di tengah pelatihan;
    4. E-sertifikat untuk peserta pelatihan dan pendamping;
    5. Nama sekolah dan nama peserta akan tercantum di poster pengumuman awal program dan poster pengumuman selesainya program yang ditampilkan di Harian Media Indonesia dan Media Sosial Media Indonesia;
    6. Nama sekolah dan nama peserta beserta karya yang terpilih akan ditampilkan di com (10 karya terbaik dari tiap kelas).
    7. Nama sekolah dan nama peserta beserta karya yang terpilih akan ditampilkan di Harian Media Indonesia (3 karya teratas dari tiap kelas).
    8. 10 terbaik Reporter Cilik SD/MI, 10 terbaik Reporter Cilik SMP/MTs dan 10 terbaik Reporter Muda SMA/MA/SMK akan ditampilkan nama sekolah dan nama peserta dalam poster di Harian Media Indonesia dan Media Sosial Media Indonesia;
  • Link Pendaftaran: bit.ly/FormReporterMuhammadiyah2023 atau scan QR Code yang ada diposter kegiatan.
  • Peserta diminta untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum mengisi formulir pendaftaran;
  • Pendaftaran paling lambat: Selasa, 18 Juli 2023 Pukul 23.59 WIB;
  • Informasi lebih lanjut: sdri Mila (0853-1145-3152)
Meriah! SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Giatkan Classmeeting Berprestasi
Kembali Menunjukan Eksistensinya, PD IPM Kabtang Gelar Musyda VI
Mungkin anda suka:
Advertisement

[adinserter name=”Block 2″]

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.