Hebat! Kader IPM Ciptakan Inovasi Helm Mudik Aman

Hebat! Kader IPM Ciptakan Inovasi Helm Mudik Aman

BeritaJawa Timur
219 views
Tidak ada komentar
Helm Mudik Aman

Hebat! Kader IPM Ciptakan Inovasi Helm Mudik Aman

BeritaJawa Timur
219 views
Helm Mudik Aman
Helm Mudik Aman

IPM.OR.ID., SURABAYAKader Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) SMP Muhammadiyah 15 Surabaya ciptakan inovasi helm mudik Aman yang dilengkapi dengan alarm pengingat istirahat setiap dua jam sekali, melansir dari kanal youtube NEWS SURABAYA TV  (5/5/22).

Rasya Seagal Aulia, Aisya Syafa Maura, Fika Aulia Az-zahra, Berlian Swastanti Lutri, Dhamar Cahyo Aji Pamungkas, Bayu Candra Kelana Abdi Wiyono, dan Giovano Candra Wijaya Putra yang merupakan kader dari SMP Muhammadiyah 15 kota Surabaya dan juga Nurdin Lusjianto, sebagai guru pendamping. Pihaknya menjelaskan helm mudik aman dengan alarm pengingat istirahat setiap dua jam sekali, memudahkan para pemudik kendaraan bermotor mengetahui saat kondisi badannya lelah, lantaran telah menempuh perjalanan selama dua jam. Dengan begitu para pemudik kendaraan bermotor dapat menghindari risiko kecelakaan saat perjalanan mudik.

Dorongan ide tersebut bermula dari Nurdin Lusjianto selaku guru pendamping, beliau mengatakan bahwasanya kita harus memunculkan inovasi terbaru pada tahun pembelajaran ini. Hal itu ditanggapi serius oleh Aisya Syafa Maura selaku penggagas ide awal terciptanya helm mudik aman.

Pasalnya, masih banyaknya angka kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan balik.Terlebih pengendara yang kecelakaan mayoritas dalam keadaan kelelahan sehingga menimbulkan rasa kantuk. Pada proses produksinya tidak mendapati hambatan yang begitu berarti, Aisya dan tim mengungkap hanya membutuhkan waktu selama lima bulan untuk belajar.

“Sekitar lima bulan itu, kami belajar tentang perangkat-perangkat yang akan digunakan, lalu untuk perakitannya kurang lebih satu bulan,” pungkas Rasya. 

Kalau untuk peralatannya sendiri, sambung Rasya, sudah dipersiapkan dari sekolah. Jadi yang pertama kita sambungkan modulnya dengan mini speaker, setelah itu kita sambungkan baterai ke modul bluetooth, setelah itu kita tempelkan di helm.

Inovasi ini mereka berikan langsung dengan cuma-cuma kepada para pemudik kendaraan bermotor. Dalam hal ini mereka berharap dapat memproduksi kembali helm mudik aman dan bisa memberikan kebermanfaatan pada masyarakat 

“Semoga dengan inovasi helm mudik ini, menjadi sebuah pacuan untuk teman-teman generasi muda agar selalu berinovasi dan menjadi bermanfaat di lingkungan masyarakat,” tutup Rasya dalam wawancara via WhatsApp. (san)

 

PC IPM Kenjeran Gelar KOMISI, Kaji Pentingnya Adab Sebelum Ilmu
Pengajian Ramadan PP IPM: Ajak Pelajar Wujudkan Dakwah Milenial di Semua Lapisan
Mungkin anda suka:
Advertisement

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.