Berbagai Komunitas Literacy dari Seluruh Indonesia Berkumpul, Literacy Camp #2 Resmi Dibuka!

Berbagai Komunitas Literacy dari Seluruh Indonesia Berkumpul, Literacy Camp #2 Resmi Dibuka!

BeritaDaerah Istimewa YogyakartaLiteracy Camp
886 views
Tidak ada komentar

[adinserter block=”1″]

Berbagai Komunitas Literacy dari Seluruh Indonesia Berkumpul, Literacy Camp #2 Resmi Dibuka!

BeritaDaerah Istimewa YogyakartaLiteracy Camp
886 views

IPM.OR.ID, YOGYAKARTA -“Berbagi, Menginspirasi dan Kolaborasi” itulah tema yang diangkat dalam gelaran Literacy Camp #2 yang resmi dibuka, kemaren, Jumat (15/12/17) oleh Maharina Novia Zahro, Ketua Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP) Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) di aula De Ani Edu Park, Yogyakarta.

Tema tersebut diangkat bertujuan untuk menguatkan ruh gerakan literasi di kalangan pelajar dengan semangat berbagi, menginspirasi, dan berkolaborasi.

Ketiga poin dalam tema tersebut perlu dikuatkan. Sebab, literasi tidak hanya berkutat pada proses memaknai kata demi kata. Ia akan menjadi lebih berdaya guna apabila makna tersebut disebarluaskan ke lingkungan sekitar.

Mendatangkan pemateri-pemateri keren, yaitu Azaki Khoiruddin (Penulis dan Pemerhati Filsafat Pendidikan), Khoirul Huda (Pegiat Griya Baca Komunitas), Harismina Merlangen (Jogja Berkebun), Fauzan Anwar Sandiah (Rumah Baca Komunitas), Faiz Ahsoul (Indonesia Bokoe),
David Efendi (Serikat Taman Pustaka), dan Ferdhi F. Putra (suarakomunitas.net), membuat antusiasme yang cukup tinggi bagi 40 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa Timur, Banten, DKI, DIY, Sumsel, Sulsel, Kalteng dan lain sebagainya.

Pelaksanaan Literacy Camp #2 kali ini, PP IPM bekerjasama dengan Rumah Baca Komunitas (RBK), Sebuah komunitas yang intens menggelar kegiatan literasi di Yogyakarta.

Kami berharap, lanjutnya, kegiatan ini akan menghasilkan fasilitator-fasilitator handal untuk gerakan literacy. ” Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang agar napas jihad literasi ini terus hidup dan berkembang”, ujarnya.

Senada dengan Maharina, Velandani Prakoso Ketua Umum PP IPM berharap budaya literasi semakin meluas dan mengakar di masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari jihad literasi sebagai bentuk IPM dengan gerakan ilmu.

“Usai Literacy Camp #2 peserta tentunya memiliki peluang untuk menebarkan virus- virus literasi dilingkungan mereka khusunya. Baik dalam lingkup IPM maupun masyarakat pada umumnya,” tutup Andan.*(Put)

Griya Baca Komunitas sebagai Bentuk Literasi Konvensional dalam Melawan Literasi Instan
GERAKAN IQRA’ SEBAGAI GERAKAN LITERASI UTAMA
Mungkin anda suka:
Advertisement

[adinserter name=”Block 2″]

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.