ASBO PPIPM Tanggapi Kontroversi Film “Kau adalah Aku yang Lain”

ASBO PPIPM Tanggapi Kontroversi Film “Kau adalah Aku yang Lain”

Beritablog
1K views
Tidak ada komentar

[adinserter block=”1″]

ASBO PPIPM Tanggapi Kontroversi Film “Kau adalah Aku yang Lain”

Beritablog
1K views
Kau adalah Aku yang Lain


Jakarta, IPM.OR.ID – Beberapa waktu lalu jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H akun resmi Polisi Republik Indonesia (POLRI) membagikan sebuah tautan film pendek berjudul “Kau adalah Aku yang Lain” sebagai pemenang Police Movie Festival IV Tahun 2017. Setelah proses penyebarluasan tautan berjalan, cukup banyak bagian dari masyarakat tersentak dengan adanya film pendek tersebut. Karena konten pada film “Kau adalah Aku yang Lain” tersebut menuai kontrovensi dan aroma judging terhadap umat Islam begitu terasa dalam setiap adegannya.


Setelah rangkaian peristiwa tersebut, PP IPM sebagai sebuah organisasi pelajar melalui Bidang Apresiasi Seni Budaya dan Olahraga (ASBO) melakukan beberapa diskusi mendalam melihat berbagai adegan yang muncul dalam film tersebut. Melalui framing dalam film ini, umat Islam terlihat sangat intoleran karena tidak mau membuka jalan untuk mobil ambulans dalam keadaan darurat. PP IPM memandang adanya proses penggiringan opini masyarakat pada film pendek tersebut. Parahnya, penggiringan opini yang ada mengarah pada fitnah dan kebohongan publik yang menyorot umat Islam, dimana umat Islam pada film tersebut dicitrakan tidak toleran dan berpikir ekslusif bahwa kemanusiaan hanya untuk orang-orang yang seagama.

“Sebagai sebuah media pembelajaran masyarakat, contoh semacam ini tidak baik jika dilakukan. Ketika Pancasila menjunjung tinggi nilai Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila pertama, maka konsekuensi logisnya adalah kehidupan masyarakat dibalut dengan nilai – nilai agama yang luhur dan tidak dapat dipisahkan satu dan lainnya, termasuk dalam hal toleransi antar kelompok masyarakat. Proses yang merusak kepribadian luhur Pancasila, toleransi antar kelompok masyarakat, dan tema ‘Unity in Diversity’ terdapat dalam film ini, sehingga semestinya film ini tidak layak dijadikan sebagai pemenang dan disebarluaskan,” tegas Ketua PP IPM Bidang ASBO Fathya Fikri Izzuddin dalam pernyataannya terkait dampak dari film “Kau adalah Aku yang Lain”

PP IPM mengapresiasi upaya POLRI dalam melakukan proses pendidikan masyarakat agar dapat menjunjung tinggi nilai – nilai luhur bangsa sehingga menciptakan toleransi di tengah masyarakat. Juga meminta agar POLRI dapat segera melakukan klarifikasi sebagaimana dijanjikan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto. Karena meskipun film ini sudah dihapus dari laman resmi POLRI namun telah tersebar luas di tengah masyarakat.

PP IPM juga menghimbau agar seluruh elemen masyarakat termasuk pelajar didalamnya bersama-sama menjaga kebhinnekaan yang dibalut nilai luhur bangsa Indonesia sehingga mencegah disharmoni kelompok masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.(nab)
Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) : Pendidikan Indonesia Berkualitas
Juarai OSN, Pelajar Muhammadiyah Akan Ikuti Kompetisi Internasional
Mungkin anda suka:
Advertisement

[adinserter name=”Block 2″]

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.