Kolaborasi Seru IPM dan NA Tasikmalaya, Lestarikan Literasi dan Tradisi

Kolaborasi Seru IPM dan NA Tasikmalaya, Lestarikan Literasi dan Tradisi

BeritaJawa Barat
879 views
Tidak ada komentar

[adinserter block=”1″]

Kolaborasi Seru IPM dan NA Tasikmalaya, Lestarikan Literasi dan Tradisi

BeritaJawa Barat
879 views

IPM.OR.ID, TASIKMALAYA– Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kabupaten Tasikmalaya mengadakan Lapak Baca yang bersamaan dengan kegiatan #jammainkita yang menyuguhkan permainan tradisional khas Jawa Barat dari Pimpinan Daerah Nasyiyatul Aisyiyah. Kolaborasi kreatif antara kedua organisasi otonom ini bertempat di Car Free Day (CFD) Area Gedung Bupati Kabupaten Tasikmalaya pada Ahad pagi (30/9).

Pemilihan tempat di ruang-ruang publik untuk menyelenggarakan Lapak Baca merupakan strategi gerakan literasi di Kabupaten Tasikmalaya. Karena disana merupakan tempat yang strategis, dan sering di jumpai oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Lapak Baca ini sudah diadakan sebelumnya saat perayaan Hari Anak Nasional di tempat yang sama. Kegiatan ini dikemas seru dan meriah dengan menggelar berbagai macam buku, seperti buku kisah para sahabat Nabi, ensiklopedia, komik islami sampai buku-buku berat yang bertemakan politik. Banyaknya tema buku diharapkan dapat menyelaraskan berbagai usia dan membudayakan membaca sesuai dengan porsinya.

Panitia menyediakan kawasan membaca dengan senyaman mungkin sembari menawarkan cemilan dan air minum. Pengunjung pun menyambut baik kegiatan ini dan bisa bersantai ria duduk di karpet sambil membaca.

Bersamaan dengan Lapak Baca, para pengunjung yang didominasi anak-anak dapat memainkan permainan tradisional seperti egrang, encrak, lompat tali, dan masih banyak lagi. Gerakan realisasi dari jihad literasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas keilmuan masyarakat, khususnya di kalangan pelajar serta memberikan stimulan positif. Disamping itu, permainan tradisional dapat terlestarikan kembali, melihat akhir-akhir ini permainan tersebut mulai ditinggalkan akibat melajunya perkembangan teknologi.

Hilman Rizki, Ketua Umum PD IPM Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan keantusiasannya selepas Lapak Baca selesei diselenggarakan, “Alhamdulillah pemilihan tempat di ruang-ruang publik untuk lapak baca ini menjadi strategi gerakan literasi di Kabupaten Tasikmalaya, karena dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat. Jadi semua orang bisa datang ke lapak kami,” ungkapnya bersemangat.

Tidak hanya Hilman Rizki, namun Bunda Wiwi selaku Ketua Umum PD Nasyi’atul Aisyiyah juga turut menyampaikan harapannya,”Alhamdulillah sangat senang sekali kegiatan ini berjalan lancar, Insya Allah kegiatan diadakan secara berkelanjutan melihat respon serta antusias para pengunjung yang datang,”ujarnya. (adinta)

Hasil DiaLoGue Online #4 : Transformasi Gerakan di Indonesia
PW IPM DIY Seimbangkan Gaya Hidup Milenial dengan Kebudayaan
Mungkin anda suka:
Advertisement

[adinserter name=”Block 2″]

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.