“Hoax & truth-post” Jadi Tema Menarik di Kopdar Pegiat Media IPM

“Hoax & truth-post” Jadi Tema Menarik di Kopdar Pegiat Media IPM

BeritaJakarta
978 views
Tidak ada komentar

[adinserter block=”1″]

“Hoax & truth-post” Jadi Tema Menarik di Kopdar Pegiat Media IPM

BeritaJakarta
978 views

IPM.OR.ID, JAKARTA – Serangkaian Kopdar (kopi darat) media IPM se-nasional mengusung salah satu tema “Hoax & post-truth” yang disampaikan oleh Noval Dwinauri Antony wartawan detik.com

“Tantangan membuka media online sekarang adalah bagaimana berita kita bisa dibaca oleh banyak orang. Sekarang ini banyak media online yang menggunakan clickbait untuk mendapatkan profit yang lebih banyak,” jelas Noval di Perguruan Muhammadiyah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (19/7)

Clickbait sendiri merupakan sebuah teknik dari membuat sebuah judul yang menarik. Tapi, banyak pengguna sekarang ini menggunakan clickbait untuk sesuatu yang tidak benar, contohnyanya mengarahkan pembaca ke topik yang tidak relevan bahkan berita bohong / hoax.

Noval juga menjelaskan bagaimana jurnalis online harus mampu menyajikan berita secepat mungkin dan seakurat mungkin. Cepat bukan utama, tapi akurat yang paling penting. Akurasilah yang paling utama.

Pembaca online adalah pembaca yang tidak mau ribet, ada yang hanya liat foto saja sudah merasa cukup bahkan hanya membaca judul pun cukup. Oleh karena itu buatlah judul yang simpel, jujur dan menarik karena masyarakat kita membutuhkan informasi yang cepat serta akurat, lanjut Noval.

Harapan dari materi ini peserta dapat lebih memperhatikan penulisan judul agar terlihat menarik, jujur dan simpel, memperhatikan berita apa yang akan dibuat apakah berita lapangan atau berita talking news (berita murni dari narasumber). *(fid)

 

Gugah Peserta, Kopdar Media Angkat Literasi 4.0
Milad IPM Usai digelar, ini Pesan Ketum PP IPM
Mungkin anda suka:
Advertisement

[adinserter name=”Block 2″]

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.