Gelar TCNLT, TC IPM Tunjukkan Komitmen Pengendalian Tembakau di Indonesia

Gelar TCNLT, TC IPM Tunjukkan Komitmen Pengendalian Tembakau di Indonesia

BeritaPP IPM
148 views
Tidak ada komentar
Gelar TCNLT, TC IPM Tunjukkan Komitmen Pengendalian Tembakau di Indonesia

Gelar TCNLT, TC IPM Tunjukkan Komitmen Pengendalian Tembakau di Indonesia

BeritaPP IPM
148 views
Gelar TCNLT, TC IPM Tunjukkan Komitmen Pengendalian Tembakau di Indonesia
Gelar TCNLT, TC IPM Tunjukkan Komitmen Pengendalian Tembakau di Indonesia

IPM.OR.ID., JAKARTA – Puluhan peserta yang terpilih hasil seleksi dari 12 wilayah turut hadir dalam kegiatan Tobacco Control National Leadership Training (TCNLT) yang dilaksanakan di Auditorium Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Jakarta selama Jumat-Sabtu (5-6/7/2024).

Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) Jowanda Harahap dalam sambutannya saat pembukaan menyampaikan pentingnya peran pelajar dalam mengampanyekan hidup sehat tanpa rokok.

“Pelajar adalah agen perubahan yang memiliki potensi besar dalam mengedukasi masyarakat tentang bahaya tembakau. Melalui TCNLT 2024, kami berharap dapat mencetak pelajar yang memiliki kesadaran tinggi dan kemampuan untuk menggerakkan kampanye anti-tembakau di lingkungan masing-masing,” ujar Jowanda.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dadang Kahmad yang turut hadir dalam acara tersebut juga menekankan pentingnya sinergi antara berbagai pihak dalam upaya pengendalian tembakau.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dalam menggelar TCNLT 2024 ini, dan berharap program ini dapat terus berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi Masyarakat terkhusus pelajar,” ungkap Dadang.

Lebih lanjut, Dadang mengatakan pengendalian konsumsi rokok bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh elemen masyarakat, termasuk organisasi pelajar seperti IPM.

“Bentuk Muhammadiyah mendukung upaya pengendalian konsumsi rokok adalah dengan dikeluarkannya surat fatwa haram tentang hukum merokok. Kami sangat mengapresiasi langkah IPM dalam menggelar TCNLT 2024 ini dan berharap program ini dapat terus berkelanjutan serta memberikan dampak positif bagi masyarakat terkhusus pelajar,” tutur Dadang.

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Menteri Pertahanan Republik Indonesia Dahnil Anzar Simanjuntak saat menjadi keynote speaker menekankan pentingnya menjadikan gerakan anti-rokok sebagai bagian dari kebudayaan yang kuat di tengah masyarakat.

“TCNLT ini bagus sekali, artinya teman-teman harus mendorong tobacco control, gerakan anti rokok menjadi gerakan kebudayaan. Gerakan kebudayaan yang punya grup penekan yang kuat di tengah masyarakat,” ujar Dahnil.

Dahnil menambahkan bahwa kampanye pengendalian konsumsi rokok merupakan long-term program dan sangat bagus jika banyak anak muda yang ikut menyuarakan kampanye ini.

Lebih lanjut, Dahnil menyebutkan bahwa pemerintahan Prabowo sangat mendukung berbagai program yang berorientasi untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di masa mendatang, salah satunya menyelamatkan generasi muda dari bahaya konsumsi produk rokok.

“Pak Prabowo itu tidak merokok dan tidak suka melihat orang merokok. Beliau sangat mendukung upaya-upaya dalam menyelamatkan masa depan anak muda, termasuk dampak bahaya dari konsumsi rokok,” tegas Dahnil.

Di akhir, Dahnil IPM tampil menjadi gerakan pelajar yang menawarkan solusi dan kebudayaan baru.

“IPM harus tampil menjadi gerakan pelajar yang solutif dan menawarkan kebudayaan baru. TCNLT 2024 ini bisa menjadi salah satu langkah positif dalam mengurangi angka pengguna rokok di kalangan pelajar,” pungkas Dahnil.*(AM/Yud)

Investigasi Kematian AM, Tim Advokasi PP IPM Berangkat ke Padang
Laksanakan PFP 2 dan PAKSI, PW IPM Jawa Tengah Siapkan Aktor Perkaderan dan Penertiban Tata Kelola Organisasi
Mungkin anda suka:
Advertisement

[adinserter name=”Block 2″]

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.