Belajar Appreciative Inquiry dengan Bukik Setiawan

Belajar Appreciative Inquiry dengan Bukik Setiawan

Beritablog
1K views
Tidak ada komentar

Belajar Appreciative Inquiry dengan Bukik Setiawan

Beritablog
1K views
YogyakartaAda banyak cara mengelola organisasi atau komunitas. Abad 21 menawarkan sejumlah pendekatan baru, menarik, dan inovatif tentang bagaimana mengembangkan organisasi. 

Appreciative Inquiry (AI) termasuk salah-satu pendekatan yang menarik untuk digunakan. Lembaga Pengembangan Sumberdaya Insani (LaPSI) PP IPM mengadakan diskusi rutin pada 28 Februari 2016 dengan tema “Menggerakkan Organisasi Pelajar dengan Appreciative Inquiry”.

Bukik Setiawan, penulis buku Anak Bukan Kertas Kosong, diundang menjadi pembicara. Bukik Setiawan dikenal sebagai salah-satu praktisi AI di Indonesia. “Appreciative Inquiry itu fokus pada upaya generatif, yakni menciptakan atau melahirkan. Jadi, AI tidak sama dengan berpikir positif” ungkap Bukik menjelaskan posisi AI secara filosofis.

Diskusi rutin LaPSI dihadiri oleh aktivis dari organisasi pelajar, mahasiswa, dan pegiat komunitas. Diskusi yang dilaksanakan di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah Jl. KH. Ahmad Dahlan ini mengundang antusias dari aktivis organisasi. “Saya kira, kita butuh diskusi intensif soal AI, ini sangat menarik” ungkap seorang peserta dari UMY.


AI merupakan metode yang banyak digunakan untuk melakukan pengembangan organisasi. AI bertopang pada kekuatan bertanya sebagai cara melahirkan sikap generatif penggerak organisasi. AI termasuk metode pengembangan organisasi non-deficit approach. IPM dalam beberapa tahun ini sedang mencoba menggunakan AI untuk pengembangan organisasi. AI di IPM tidak asing, sejak lokakarya tahun 2013 di Gresik, IPM memasukkannya sebagai bagian dari materi Muktamar Jakarta. AI punya kemampuan untuk mengikat komitmen aktivis melalui pemaknaan yang generatif atau organik, artinya  apresiasi keseharian yang mendorong transformasi sosial. (@FauAnwar)
Lapsi Undang Anjar Nugroho Bahas Paradigma Gerakan IPM
PP IPM Sukses Selenggarakan Indonesia Young Forum Leader
Mungkin anda suka:
Advertisement

[adinserter name=”Block 2″]

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.