Seru! Awali Tahun Baru, PP IPM Terjun Aksi Clean The City

Seru! Awali Tahun Baru, PP IPM Terjun Aksi Clean The City

BeritaPP IPM
182 views
Tidak ada komentar
https://ipm.or.id/jadi-eksportir-tanaman-alumni-ipm-bongkar-tiga-keuntungan/

Seru! Awali Tahun Baru, PP IPM Terjun Aksi Clean The City

BeritaPP IPM
182 views
https://ipm.or.id/jadi-eksportir-tanaman-alumni-ipm-bongkar-tiga-keuntungan/
https://ipm.or.id/jadi-eksportir-tanaman-alumni-ipm-bongkar-tiga-keuntungan/

IPM.OR.ID., YOGYAKARTA – Menjelang tanggal merah di pergantian tahun, berbagai titik wisata di kota Yogyakarta diprediksi akan penuh dengan wisatawan. Keramaian ini tak pelak meninggalkan polusi sampah yang berserakan di kawasan wisata tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, berbagai relawan dari komunitas lintas iman seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Jemaat Ahmadiyah Indonesia, Young Interfaith Peacemaker  Community,  Kader  Hijau  Muhammadiyah,  dan  Rausyan Fikr Institute membuka tahun  2022 yang seru dengan melakukan sebuah kegiatan antimainstream bernama Clean The City (CTC).

CTC adalah program tahunan bebersih kota yang dilakukan di landmark atau pusat kota. Kegiatan ini berupa aksi turun ke lapangan dalam rangka membersihkan sampah di daerah Nol Kilometer, Alun-Alun Utara, dan sekitarnya. Acara ini diselenggarakan pada tanggal Sabtu (01/01/22) dan dimulai pada pukul 05.00 WIB.

Pada kesempatan kali ini, CTC bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup DIY untuk mengumpulkan sampah kota pasca  momen pergantian  tahun.  Kurang  lebih  50  relawan  berhasil mengumpulkan 40 kantong trashbag berisi sampah tahun baru.

Kholida Annisa selaku Ketua Bidang Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) mengungkapkan  kegiatan  ini  ada  untuk  meningkatkan  kesadaran  masyarakat  terhadap tanggung  jawabnya   pada   sampah   yang   digunakan   dan   sebisa   mungkin   menumbuh kembangkan    moralitas  masyarakat  dalam menjaga lingkungan.

“Saya berharap aksi ini mampu  mengedukasi  masyarakat  pentingnya  memilah sampah yang ingin mereka buang, agar sampah yang mungkin bisa di daur ulang tidak bercampur dengan sampah yang tidak bisa didaur ulang,” tukas Kholida.

Tak kalah menarik, Achmad  Solahudin  selaku  koordinator  acara  berharap  momentum  tahun  baru  2022  ini menjadi  penguat  dan  penegasan  kembali  bahwa  isu  lingkungan  saat  ini  harus  menjadi perhatian penuh.

“Selain itu komunitas anak muda juga harus menjadi garda terdepan dalam mengawal isu-isu terkait dengan perubahan iklim yang terjadi, jangan sampai anak muda malah menjadi salah satu aktor utama yang menyebabkan kerusakan iklim tersebut,” lanjut Achmad.

Kepada tim ipm.or.id, penyelenggara CLC berharap agar kegiatan positif Clean the City bisa menginspirasi masyarakat untuk bertanggung jawab atas sampah masing-masing sehingga lingkungan tetap lestari sehingga usia bumi terus panjang agar kita bisa menikmati momen pergantian tahun yang asri.*(ulfh/iant)

Tags: , ,
Jadi Eksportir Tanaman, Alumni IPM Bongkar Tiga Keuntungan
Malam Pergantian Tahun Baru IPM Kramatsari Gelar Diskusi Perkaderan
Mungkin anda suka:
Advertisement

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.