Perdana! IPM Sragen Adakan Pelatihan Media dan Desain

Perdana! IPM Sragen Adakan Pelatihan Media dan Desain

BeritaJawa Tengah
106 views
Tidak ada komentar
Perdana! IPM Sragen Adakan Pelatihan Media dan Desain

Perdana! IPM Sragen Adakan Pelatihan Media dan Desain

BeritaJawa Tengah
106 views
Perdana! IPM Sragen Adakan Pelatihan Media dan Desain
Perdana! IPM Sragen Adakan Pelatihan Media dan Desain

IPM.OR.ID., SRAGEN – Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kabupaten Sragen pada Minggu (12/06/2022) mengadakan acara Pelatihan Media dan Desain Jilid Pertama yang bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Sragen dengan tema “Mencetuskan Pelajar Berkemajuan, Berprestasi Dalam Meningkatkan Skill IPTEK”.

Ketua Umum PD IPM Kabupaten Sragen, Muhammad Cahyo Saputro dalam sambutannya menegaskan bahwa peran media dan desain sangat dibutuhkan seiring dengan banyaknya pengaruh besar dari revolusi industri yang akan menginjak pada 5.0 atau society. Pelatihan Media dan Desain ini dapat berdampak kepada pimpinan cabang / ranting masing-masing.

Sambutan berikutnya oleh Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sragen Agus Ulinuha yang menuturkan bahwa nantinya kegiatan ini dapat menumbuhkan komunitas-komunitas kreatif yang baik di kalangan pelajar Muhammadiyah dan Orang yang akrab disapa Ulin ini juga menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan ini.

“Gunakan peluang yang ada, seperti mengikuti kegiatan ini kita dapat menambah ilmu, wawasan terkait dengan media dan desain sehingga kedepan dapat memanfaatkan ilmu yang telah didapat,” pungkas Ulin.

Kemudian, acara langsung dilanjut dengan materi yang diisi oleh Agus Purwanto tentang pengenalan desain dan aplikasi Corel Draw. Agus menjelaskan betapa pentingnya prinsip-prinsip desain grafis serta menjelaskan aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk mendesain dari laptop maupun handphone. Agus juga menyampaikan pesan bagi peserta bahwa tak ada batasan dalam berkarya.

“Tidak masalah, jika karyamu diolok-olok buruk oleh orang lain. Yang penting kalian tetap terus berkarya,” ujar Agus.

Setelah itu, dilanjutkan dengan materi Corel Draw dengan pengenalan tools di dalam aplikasi tersebut dan peserta diminta praktik membuat sebuah emblem atau logo.

Acara dilanjutkan dengan materi tentang aplikasi Canva dengan narasumber Muhammad Alan Putra dan Zunan Fiqri Firmansyah sebagai perwakilan dari Tim Media Masjid Raya Al-Falah. Alan menyampaikan bahwa sebagai umat muslim harus bersaing.

“Dulu pada saat zaman Rasulluah masjid menjadi sarana peradaban, maka kita jadikan kembali masjid sebagai sarana peradaban. Dan kita gunakan perkembangan teknologi ini sebagai media untuk berdakwah” kata Alan.

Beliau juga menunjukkan beberapa portofolio desain yang didesain menggunakan aplikasi Canva. Berikutnya, dilanjutkan Zunan yang menyampaikan tentang dasar-dasar penggunaan Canva beserta fungsi tools. Kemudian, dilanjutkan dengan praktik membuat poster oleh peserta dan tak lupa Zunan memotivasi para peserta untuk giat melatih skill agar mendapatkan hasil desain yang bagus. Acara ditutup oleh Ketua Umum PD IPM Sragen dengan foto bersama panitia dan peserta. *(Rafi/da)

Luar Biasa! Peserta Peer Counselor IPM Asal Papua Barat Rela Naik Kapal Hingga 6 Hari
Kader IPM Diajak Merawat Basic Instinct sebagai Penulis
Mungkin anda suka:
Advertisement

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.