Buku Panduan Petunjuk Teknis Pelaksanaan FORTASI 2021

Buku Panduan Petunjuk Teknis Pelaksanaan FORTASI 2021

Uncategorized
746 views
Tidak ada komentar
Fortasi 2021

Buku Panduan Petunjuk Teknis Pelaksanaan FORTASI 2021

Uncategorized
746 views
Fortasi 2021
Fortasi 2021

Forum Ta’aruf Orientasi (FORTASI) siswa Muhammadiyah adalah rangkaian kegiatan yang terprogram secara sistemik untuk menumbuhkan dan mengembangkan keberagamaan, minat dan potensi pelajar muslim serta merangsang kesadaran berkarya kreatif dan kepekaan sosial ketika memasuki sekolah Muhammadiyah dan terlibat dalam segala aktivitas yang tersedia di sekolah.

Fortasi siswa Muhammadiyah merupakan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang khas dilakukan oleh sekolah Muhammadiyah, berisi materi-materi umum sebagaimana diselengarakan dalam MOS/PLS, dan materi-materi khusus IPM.

Fortasi merupakan salah satu kegiatan pra perkaderan yang dilakukan oleh IPM di tingkatan paling bawah atau grass root. Pentingnya kegiatan fortasi sebagai bagian dari proses perkaderan IPM dikarenakan fortasi merupakan gerbang atau garda depan pengenalan awal semua hal tentang IPM dan lebih umumnya tentang Muhammadiyah. Pengenalan IPM sebagai organisasi otonom pelajar di Muhammadiyah berawal dari proses fortasi ini. Maka, fortasi mempunyai peranan sangat penting untuk bisa mengenalkan dan mengimplementasikan agenda aksi IPM dari tingkatan yang paling bawah.

Tahun 2021 ini merupakan tahun kedua pelaksanaan Fortasi dengan cara yang tidak biasa. Fortasi dilaksanakan di kondisi pandemi. Perkembangan melonjaknya kasus pasien covid-19 di berbagai tempat tidak bisa diprediksi, hampir diambang ketidakpastian untuk bisa melaksanakan kegiatan normal seperti sedia kala. Maka dari itu pelaksanaan Fortasi juga masih harus berdamai dengan kondisi yang ada, dan memanfaatkan sumberdaya yang bisa diberdayakan. Harapannya esensi dari pelaksanaan FORTASI tetap bisa dirasakan oleh semua peserta didik baru di sekolah-sekolah Muhammadiyah tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat. Pelaksanaan FORTASI ini juga menjadi momentum yang tepat untuk bisa mengenalkan dan mengampanyekan agenda aksi IPM ke seluruh pelajar Muhammadiyah di Indonesia.

Untuk mendapatkan Buku Panduan Petunjuk Teknis Pelaksanaan FORTASI 2021, silahkan klik link di bawah ini

UNDUH DISINI

Lanjutkan Kaderisasi, IPM Sinjai Bentuk Pimpinan Baru Sekaligus Gelar PKDTM 1
Logo Milad IPM ke-60
Mungkin anda suka:
Advertisement

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.