Inovatif! PKMTM 2 IPM Klaten Gunakan Konsep Gamifikasi

Inovatif! PKMTM 2 IPM Klaten Gunakan Konsep Gamifikasi

BeritaJawa Tengah
201 views
Tidak ada komentar

[adinserter block=”1″]

Inovatif! PKMTM 2 IPM Klaten Gunakan Konsep Gamifikasi

BeritaJawa Tengah
201 views

IPM.OR.ID., KLATENPimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Klaten mengadakan kegiatan Pelatihan Kader Muda Taruna Melati 2 (PKMTM 2) dengan konsep gamifikasi pertama se-Jawa Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan pada (29/12/23) sampai (1/1/24) dan bertempat di SD Muhammadiyah Program Khusus Bayat Klaten.

PKMTM 2 Klaten berhasil menarik perhatian 33 peserta dari berbagai daerah, termasuk PD IPM Sleman, PD IPM Banjarnegara, PC IPM Matraman Jakarta Timur, dan PD IPM Wonogiri. Mayoritas peserta, yaitu 25 orang yang berasal dari kader-kader IPM Klaten sendiri.

Dalam wawancara eksklusif, Ketua umum PD IPM Klaten Muhamad Nur Rohman (Maman) mengatakan tentang ekosistem perkaderan yang menggembirakan.

“Bahwa IPM Klaten ingin menciptakan ekosistem pelatihan perkaderan yang benar-benar menggembirakan, bukan sekadar pemaparan materi dan diskusi, tetapi dapat menerapkan pola permainan dalam konsep pelatihan perkaderan,“ucap Maman. 

Lebih lanjut, Maman menjelaskan metode gamifikasi seperti apa yang dipakai pada PKMTM 2 tersebut.

“Dalam pelatihan ini PD IPM Klaten benar-benar menciptakan dunia penjelajahan yang diberi nama ‘Negeri Gantari’ para peserta kita panggil sebagai ‘penjelajah Negeri Gantari’ para pemateri yang kita panggil sebagai ‘Suhu’ serta para mentor pendamping yang kita panggil ‘Captain’ disini para peserta memiliki misi yang sama yakni sampai di gerbang Negeri Gantari,“imbuhnya.

Ketua Bidang Perkaderan PD IPM Klaten Alma mengungkapkan dibalik kegiatan ini, alasan kenapa gamifikasi ini harus diterapkan.

“Melihat perkembangan zaman yang melaju dengan cepat, ditandai dengan kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0 juga era disrupsi yang mana banyak kegiatan manusia mulai tergantikan oleh mesin robot dengan dalih mempermudah dan mempercepat kegiatan. Era tersebut juga identik dengan Gen Z yang memiliki karakteristik sangat jauh berbeda dengan generasi sebelumnya,”ucapnya.

Maka di era ini IPM hanya memiliki 2 pilihan, tertinggal atau turut melaju dengan percepatan yang ada, yaitu agar tidak mengalami ketertinggalan IPM perlu hadir di era baru ini dengan penyesuaian kecepatan itu. Untuk itu IPM Klaten berupaya menyiapkan kader-kader yang siap menyambut era baru dengan mengadakan PKMTM 2 dengan tema The New Era of IPM Klaten.

Dengan demikian, PKMTM 2 berbasis gamifikasi tidak hanya membawa keseruan dalam perkaderan, tetapi juga menjadi sarana para kader untuk aktif dalam membangun kerjasama tim dalam melakukan penjelajahan, hal ini juga menjadi langkah positif PD IPM Klaten untuk mempersiapkan kader-kader yang siap menyambut era baru dengan penuh semangat.*(Atikah/Hilman)

Resmi Dikukuhkan, IPM Kulon Progo Periode 2023/2025 Siap Berlayar!
Cerita Eksperimen Gamifikasi di DIY, Wujud IPM Inklusif
Mungkin anda suka:
Advertisement

[adinserter name=”Block 2″]

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.