Menyongsong Tanwir, IPM Kalbar Laksanakan Agenda Konsolidasi

Menyongsong Tanwir, IPM Kalbar Laksanakan Agenda Konsolidasi

Uncategorized
990 views
Tidak ada komentar

[adinserter block=”1″]

Menyongsong Tanwir, IPM Kalbar Laksanakan Agenda Konsolidasi

Uncategorized
990 views

Sabtu 21 September 2019 Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kalimantan Barat melaksanakan agenda konsolidasi bersama keluarga besar intenal Muhammadiyah Kalimantan Barat pada Sabtu 21 September 2019 di Aula SD Muhammadiyah 2 Kota Pontianak. Agenda yang dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB ini di hadiri oleh ayahanda Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalbar, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMD ) Kalbar, Ortom tingkat wilayah, pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), Ayahanda Penasehat Muhammadiyah Kalbar, serta para alumni IPM dan juga dari KNPI Provinsi Kalimantan Barat.

Tanwir IPM adalah perhelatan akbar kedua setelah Muktamar. Perhelatan ini dilaksanakan satu kali dalam satu periode sebelum dilaksanakannya agenda Muktamar. Tujuan dari kegiatan tanwir ini adalah mengevaluasi program pimpinan pusat IPM yang telah dilaksanakan selama setengah periode serta merancang kembali pergerakan ikatan untuk dimasa yang akan datang. Dalam agenda ini juga dapat meningkatkan ukhuwah yang selama ini terjalin dari seluruh kader IPM se-Indonesia.

Pada kesempatan diagenda Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) IPM yang dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan pada bulan Maret 2019 silam, ada beberapa Pimpinan Wilayah IPM yang mengajukan diri maju sebagai tuan rumah kegiatan Tanwir, yaitu PW IPM Kalimantan Barat, PW IPM Jawa Barat, PW IPM Maluku, dan PW IPM Bali. Dari beberapa wilayah yang mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Tanwir IPM setelah melewati beberapa tahap dan seleksi, terpilih dan ditetapkanlah Pimpinan Wilayah IPM Kalbar sebagai tuan rumah Tanwir IPM berdasarkan SK PP IPM No.035-KEP-A.1/PPIPM-324/2019.

Sebelumnya, PW IPM Kalimantan Barat juga mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah agenda Regional Meeting (REGMET) IPM Se-Kalimantan dan Workshop Perkaderan yang dilaksanakan pada 18-20 Agustus 2019 di Pusat Muhammadiyah Kalbar. Di moment yang sama tepat pada tanggal 18 Agustus 2019 dilakukan penandatanganan MoU terkait ketersediaan PW IPM Kalbar sebagai tuan rumah Tanwir IPM.

Dalam agenda konsolidasi yang dilakukan oleh panitia lokal tanwir (IPM Kalbar), seluruh komponen internal warga Muhammadiyah Kalimantan Barat mendukung secara penuh perhelatan tanwir ipm yang sangat dinilai positif bagi perkaderan Muhammadiyah di masa yang akan datang.

Tidak hanya itu, kesempatan agenda organisasi tingkat nasional ini juga dinilai dapat meningkatan mutu kualitas dari anak-anak muda di Kalimantan Barat. Selain komponen internal warga Muhammdiyah Kalbar, stackholder yang digandeng oleh panitia lokal seperti pemprov, pemkot, OKP tingkat wilayah, KNPI Provinsi, Kapolda, dan lain-lainnya juga sangat mendukung penuh agenda yang akan di hadiri oleh kader IPM se-Indonesia ini di bulan November yang akan datang.

Konsolidasi ini dilakukan guna memperkuat persiapan agenda yang akan segera terlaksana, pemaparan tentang kebutuhan tanwir, teknis kegiatan, serta sumbangan moril dan materil juga dibahas dalam agenda konsolidasi tersebut. Mengingat ini adalah sebuah agenda yang besar maka sudah seyogyanya seluruh komponen internal warga muhammadiyah harus bergandengantangan demi menyukseskan agenda Tanwir IPM tersebut.

Begitu banyak masukan-masukan dan nasehat yang diberikan kepada panitia lokal, sehingga hal ini dapat memberikan semangat bagi panitia untuk terus bergerak menyambut agenda Tanwir IPM.

“Agenda Tanwir ini merupakan agenda yang sangat positif dampaknya, jadikan agenda ini sebagai proses perkaderan bagi Muhammadiyah di masa yang akan datang serta proses menuju anak muda Kalbar yang berkualitas, berat sama dipikul ringan sama dijinjing, mari kita kawal bersama agenda yang sangat luar biasa ini “ ujar Pabali Musa, Ketua Muhammadiyah Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam menyongsong agenda Tanwir IPM tersebut panitia lokal juga akan melaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka syiar dan memeriahkan perhelatan akbar tersebut, agenda tersebut diantaranya ; Jalan Santai FSO2S (Festival Seni Olimpiade Olahraga dan Sains) pada tanggal 28 September 2019, Nobar Nyai Ahmad Dahlan pada tanggal 10 Oktober 2019, Dialog Kepemudaan pada tanggal 29 September 2019, dan Talkshow Inspiratif pada tanggal 24 Oktober 2019.

*) Catatan 

  • Penulis adalah Heri Setiawan Bendahara Umum PW IPM Kalimatan Barat
  • Substansi tulisan sepenuhnya tanggung jawab penulis
Internet, Mendekatkan yang Jauh dan Menjauhkan yang Dekat
RESMI: PERNYATAAN SIKAP PP IPM TERKAIT AKSI PELAJAR DAN MAHASISWA
Mungkin anda suka:
Advertisement

[adinserter name=”Block 2″]

Suka artikel ini? Yuk bagikan kepada temanmu!

Terpopuler :

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.