IPM.OR.ID. – Lembaga Media dan Komunikasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) menggelar Kelas Media 101 #3 pada Sabtu (19/03/2022) via telekonferensi zoom meeting. Kelas Media ini digelar dalam rangka Road To Kopi Darat Media Nasional (KOPDARNAS) dan diikuti oleh kurang lebih 40 kader IPM se-Indonesia. Kelas Media 101 #3 mengusung tema Kiat-Kiat Manajemen Sosial Media dan Serba-Serbi Konten.
Pada Kelas Media kali ini, Fida Fathinah Atifah selaku Content Writer dan Social Media Manager Lembaga Media dan Komunikasi PP IPM menjadi pemateri dengan didampingi oleh Wildan Miftakhurahman sebagai moderator.
Fida mengawali Kelas Media kali ini dengan menjelaskan betapa pentingnya manajemen sosial media dengan menganalogikannya dengan dua contoh; Pertama, organisasi yang baru memasuki dunia media sosial tanpa paham bagaimana media sosial bekerja, dan akhirnya media sosial organisasi tersebut malah tidak berjalan dan menjadi sia-sia. Kedua, organisasi yang baru memasuki dunia media sosial yang membentuk terlebih dahulu tim media yang paham bagaimana media sosial bekerja, dan akhirnya media sosial organisasi itu bekerja dengan sukses.
Fida menjelaskan bahwa manajemen sosial media dalam organisasi merupakan ujung tombak dari organisasi itu. “Dalam, manajemen sosial media, sosial media manajer seharusnya menjadi pihak yang paling mengetahui dan mengerti dengan followers karena dialah yang paling dekat dengan mereka,” jelas Fida.
Dalam Kelas Media ini juga dipaparkan kepada peserta bagaimana cara membuat brief konten. Peserta dijelaskan tentang perjalanan sebuah konten di sosial media, mulai dari ide konten sampai ter-upload di sosial media.
Selain membahas tentang cara membuat brief konten, Fida juga mengajak para peserta untuk berlatih membuat brief konten. Di sesi ini, peserta terlihat begitu antusias dalam membuat brief konten, peserta aktif berdiskusi melalui room chat maupun berbicara secara langsung.
Di akhir sesi, Fida menjelaskan bahwa untuk menjadi sosial media manajer kita harus mau untuk mencoba hal-hal baru. “Misalnya sekarang yang lagi rame itu TikTok, tetapi temen-temen enggan mencoba, padahal sebagai sosial media manajer kita harus mau mencoba hal baru,” tutup Fida. *(Yud)